Friday, January 27, 2017

Tips Belajar di Kedokteran #Seri1

Sebetulnya, tips belajar yang akan diceritakan di bawah hanya gambaran besar saja, dari sisi konsepnya. Untuk sisi teknis insyaAllah akan dibahas di postingan selanjutnya yaa. Ini bisa available buat kamu bisa juga ngga. Yang menjadi penting sebagai catatan untuk belajar adalah bahwa kita harus belajar untuk mengenali diri kita sendiri  terlebih dahulu sebelum mengenal cara belajar kita. So, coba aja dievaluasi apa yang kamu suka dan ngga kamu suka saat belajar.

Misalnya saya suka belajar :
1. Kalau ngga berisik
2. Sambil dengerin musik instrumen
3. Kalau ngga capek
4. Kalau besoknya libur
5. Kalau lagi dapet banyak pertanyaan yang harus dicari
6. Dikasih amanah buat ngajarin temen
7. Kalau temanya "______,_____, "
8. Di atas meja
9. Di luar kamar
10. Sambil di perjalanan
11. Kalau ada makanan

Saya ngga suka belajar:
1. Saat banyak pikiran dan masalah
2. Saat capek
3. Saat ada proyek seru yang harus diselesaikan
4. Belajar kelompok kalau belum baca dulu
5. Sambil nginep di rumah temen
6. Kamar kotor
7. Panas
Kok bisa tau ya? Yaah, dikira2 aja.. Kan udah sekolah sejak TK masa ngga tau siih? Hehe

Ngelist udah, terus ngapain?
Jalanin dong rencana belajar sesuai kondisi yang kamu suka dan kamu harus punya effort untuk mengkondisikannya. Misalnya kamu tau kalau kamu suka belajar kalau ngga berisik. Jangan maksa-maksain belajar di saat kondisi riuh, dijamin ngga masuk masuk. paling-paling kamu cuma bisa baca, habis itu mantul lagi.

Tapi kadang kondisi ngga selalu seperti yang kita harapkan :( Misal saat kondisi riuh di kelas, ngga mungkin dong kita selama waktu luang di kelas ngga belajar juga karena selalu rame. Apalagi kalau besok ujian. Waaaa :" 

Ya caranya kamu bikin inovasi dengan bikin keributan juga alias belajarnya jadi vokal. Misal belajar dengan cara dikencengin bacaannya, atau sambil diskusi dan geret temen sebangku kamu buat belajar bareng. Atau kalau ngga bisa juga kamu pergi keluar dan belajar di kantin atau mushola, hehe.

Kalau ngga bisa juga, mungkin kita perlu evaluasi niat belajar kita nih guys. Belajarnya udah pake do'a belom? Belajarnya udah tau buat apa?

Kalau tujuannya hanya jangka pendek, biasanya kita akan mudah lelah dan jatuh kalau ngga tercapai. Tapi kalau tujuannya panjang dan besar, insyaAllah energi yang kita punya juga jauh lebih besar. Kayak abang becak aja. Si Abang sebetulnya punya tenaga untuk nganterin yang deket sama yang jauh. Kalau pas nganterin penunpang jauh deket, si abang ngga perlu capek-capek betul untuk nyiapin tenaga. Tapi nanti kalau ada orderan lagi dia harus nyiapin berulang-ulang. Tapi kalau diminta anterin yang jauh si abang mesti nyiapin tenaga ekstra dong buat mengayuh sepeda demi mengais rezeki. hohoho~

Nah, kita juga sama nih, dikasih pilihan buat nyiapin energi untuk tujuan jangka pendek sama jangka panjang. Tinggal pilih aja. Tujuan jangka pendek itu ya semisal pengen dapet nilai tinggi, dapet pujian, lulus, dsb. Kalau jangka panjang ya berarti kita udah memproyeksikan tujuan belajar kita untuk masa depan. Misalnya kita mau belajar yang bener supaya pas gede bisa jadi menkes, nanti bisa bikin kebijakan di bidang kesehatan yang impactnya besar buat masyarakat, trus nanti sekalian jadi konsulen biar bisa ngajar dan dapet amal jariyah buat persiapan akhirat. Bisa menemukan penemuan baru, dllsb. Sembari belajar kedokteran juga mesti belajar komunikasi sama semua pihak, belajar empati ke pasien, belajar manajemen, dllsb. 

By the way buat ngejer tujuan jangka panjang kata pendahulu-pendahulu ngga mudah juga loh. Kita tahu harus mencapai itu tapi seringkali kita jatuh dan bahkan sampai depresi. (Jangan sampai lah ya....) Hufffh.. di sinilah kita harus sadar, kalau kita bukan siapa-siapa di dunia ini. Ada Allah sebaik-baik perencana dan eksekusi.

Terkadang kita merasa beban hidup sudah semakin meninggi, tuntutan yang harus kita kerjakan banyaaak banget. Riweh. Tapi kita suka sombrong kalau kita mampu melakukannya sendiri. Ngeplot tujuan sendiri dan kekeuh alurnya harus sesuai sama konsep hidup kita. Kita lupa kalau kita itu berjuangnya ngga sendiri, ada Allah yang selalu menerima kapan pun kita ingin berkeluh kesah, ada Allah yang tahu jalan yang terbaik buat kita. Allah ngga menuntut kita seribet kita menuntut diri kita sendiri. Tugas besar kita adalah beribadah dan berjuang sebagai khalifah dengan apa pun yang kita miliki. So, selama belajar kita harus mempererat hubungan kita dengan Allah yaa. Semoga Allah ridho, semoga Allah mudahkan segala jalan kita untuk kebaikan. Semoga bisa jadi energi terbesar untuk kita bangkit lagi dan lagi :)

Banyak-banyakin ibadah sunnahnya, sholat tahajud, duha, rawatib, infaq, baca qur'an dan terjemah dibarengi konsisten untuk mempelajari Islam. Udah tau kan kalau islam bukan ritual aja? Segala aspek-aspek yang baik itu sumbernya dalam islam. Kalau selama pendidikan kamu bakal terngiang-ngiang dengan kata-kata ATTITUDE, maka sesungguhnya attitude yang baik itu juga bagian dari kita berislam. Kalau kamu disuruh disiplin, datang tepat waktu, itu juga bagian dari Islam. Kalau kamu belajar, didorong untuk berprestasi dan memberikan manfaat untuk dunia itu lagi-lagi bagian dari Islam. Dengan cara itulah sebetulnya Islam bisa menjadi rahmat bagi semesta alam. Nah, gitu deh, kayaknya kita memang harus buka-buka lagi nih Al-Qur'annya sambil dibaca terjemah dan tafsirnya, habis itu pelan-pelan kita amalkan. Jadi kita bisa hidup sesuai guideline yang evidence based, ga bikin guideline hidup sendiri semau kita. Seperti.. saat kita ngobatin pasien-pasien kita kan? Kita pasti akan cari guideline terbaik yang tingkat evidence based nya paling tinggi. Masa buat diri sendiri kita ngga mau?? 

to be continue.......

0 komentar:

Copyright © 2014 Mahdiah Maimunah