Monday, August 7, 2017

Konsep Sehat dan Sakit di Dalam Islam

Related image

Sehat memiliki makna yang tidak hanya mengandung arti sehat secara medis, namun juga sehat di bidang lainnya. Banyak kejadian pasien-pasien yang merasa dirinya sakit namun setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan hasil apa pun. Sehat selain medis juga seharusnya diikuti sehat secara spiritual, emosional, sosial, dan intelektual. Seorang muslim sebaiknya memiliki kehidupan yang sehat di segala sisi.

Di dalam kisah dan bahkan kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan kisah mengenai keajaiban alias miracle. Namun, kejadian ini memiliki presentase yang sangat kecil dibandingkan sesuatu yang logis. Konsepsi logic vc unlogic ini semestinya dimaknai "Jika yang tidak logis saja Allah bisa menjadikan hal itu sebagai kenyataan, apalagi sesuatu yang logis?"

Begitu juga kaitannya dengan usaha untuk berobat ketika seorang muslim diberikan sakit, meskipun kita tahu bahwa Allah lah yang akan memberikan kesembuhan kepada kita. Seperti di dalam surat asy-syu'aro ayat 80: Faidza maridhtu fa huwa yasyfiin.. ("Dan apabila kamu sakit, maka Dialahyang menyembuhkan").

Namun tahukah, di dalam surat Al-Anbiya' ayat 83-84 berisi kisah tentang Nabi Ayyub yang diminta berusaha untuk menyembuhkan sakitnya dengan cara menghentakkan kakinya di bumi, kemudian mandi dan minum dari air tersebut. Artinya, Allah ingin mengajarkan melalui Nabi Ayyub agar ada effort yang dilakukan untuk mencapai kesembuhan.

"dan Ingatlah kisah Ayub, ketika Dia berdo'a kepada Tuhan Nya, 'Ya Tuhanku, sungguh aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.' . Maka Kami kabulkan (do'a) nya, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan (Kami lipatgandakan jumlah mereka), sebagai suatu rahmat dari Kami, dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Kami."

Lalu, bagaimana sikap seorang muslim ketika ditimpa sakit?

"Tidak ada yang menimpa seorang muslim berupa kepenatan, sakit yang berkesinambungan (kronis), kebimbangan, kesedihan, penderitaan, kesusahan, hingga tertusuk duri melainkan dengan itu Allah akan menghapus dosanya." (HR.Bukhari)

Apa sih makna sakit dalam Islam?
- Sebagai cobaan
- Suatu peringatan atas dosa-dosa dan kesalahannya sehingga ia dapat kembali ke Allah
- Cara menghapus dosa manusia
- Hadiah dari Allah

Semoga kita semua adalah hamba-hamba Nya yang sabar dan tetap semangat berusaha dan terus berdo'a ketika sakit menghampiri kita. 

Referensi gambar:
http://www.drscottgraves.com/wp-content/uploads/2013/04/good-health-bad-health_full.jpeg

0 komentar:

Copyright © 2014 Mahdiah Maimunah