Thursday, January 24, 2013

Mengapa Penting Menulis di Media Massa?

Writing quotes

Mengapa penting menulis di media massa ?

1. Jika tulisan diterbitkan, berarti pemikiran kita sudah diterima publik. Ekspektasinya begitu, karena tulisan di media massa melalui proses seleksi & kompetisi ketat. Media juga mempertimbangkan pembaca mereka, tulisan siapa yg layak bagi pembaca.

2. Media massa berpengaruh luas. Memiliki sebaran yang luas. Beda misalnya jika kita menulis di blog yg kadang tak ada yang baca.

3. Media massa membantu marketing diri kita. Akhir-akhir ini saya perhatikan banyak muncul pengamat2 baru (NARASUMBER) di televisi yg mengawali ke-pengamat-annya dari menulis di koran. Ya, mungkin butuh waktu bertahun-tahun, minimal 5 tahun lah bersabar :)

4. Menulis di media, gratis, bahkan kita yang di bayar. Masuk Kompas lumayan kan dapet Rp.1,2 juta (honor menulis paling tinggi yg pernah sy terima), Tempo 650ribu, Republika 750ribu, Jawa Pos 850ribu, dll. Lumayanlah untuk mengcover kebutuhan si single :)

Lalu bagaimana tips menulis? Sederhana saja

Tips menulis :
1. Banyak membaca,
2. Banyak berfikir,
3. Menulislah minimal 5 jam perhari.

*Lakukan ini selama 5 tahun, dijamin tokcer atau minimal 2 tahunlah. Selama saya intens menulis sampai 6 bahkan 8 jam perhari dari tahun 2010-2012, hampir semua kesibukan sy tinggalkan. Apapun yang kita ingin kembangkan, membutuhkan FOCUS :)


(copas dari: Bang Jusman Dalle)

Link gambar: http://mkalty.org/writing-quotes-2/

0 komentar:

Copyright © 2014 Mahdiah Maimunah