Saturday, December 31, 2016

FK UIN ???

Image result for fkik uin jakarta

Tulisan ini didedikasikan untuk adik-adik SMA kelas 3 yang merencanakan untuk masuk ke fakultas kedokteran. Btw, UIN ada fakultas kedokteran yak? Hehe.. 

Jadi begini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tidak hanya terdiri dari fakultas dengan jurusan agama saja, tapi juga meliputi jurusan umum. Salah satunya adalah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Jadi sekarang, masih dalam bentuk prodi ya, bukan fakultas. Di dalam FKIK, ada beberapa jurusan, yaitu ilmu kesehatan masyarakat, keperawatan farmasi dan program studi kedokteran dan profesi dokter.

Baru ya kak kedokteran UIN? Ngga kok, udah lama, jadi sudah ada mulai tahun 2005. berarti sampai saat ini sudah ada 5 (mau 6) angkatan yang sudah lulus dan jadi alumni. 

Dulu, waktu awal masuk UIN, anggapannya yasudah saya belajar di tempat biasa aja. Tapi jangan salah, ternyata staff pengajar di UIN adalah alumnus UI juga kok :) Dan yang menyenangkannya adalah karena kita bisa koas di RSUP Fatmawati. Sebuah rumah sakit tipe A, yang lumayan lengkap lah fasilitasnya. Kasusnya juga sangat variatif. dari yang sederhana sampai yang complicated. 

Nah, untuk jalur masuknya juga beragam. Mulai dari beasiswa depag, sbmptn undangan, sbmptn tulis, beasiswa daerah dan ujian mandiri. Kalau untuk beasiswa depag biasanya ada tes untuk lulusan pesantren dari departemen agama dan seleksinya biasanya dilakukan sebelum tes sbmptn. Selebihnya udah paham lah ya? Hehe..

Oh iya, yang perlu diperhatkan juga dan agak sedih sih di UIN biaya buat yang masuk lewat sbmptn sama seperti mandiri. Agak sedikit berbeda dengan universitas negeri lain yang memberikan taraf bayaran bagi mahasiswa yang masuk dengan jalur negeri lebih rendah :''

Nah, terus banyak yang nanya juga untuk tes masuk kedokteran UIN, kira2 perlu tes agama ngga ya? Tergantung. Masuknya lewat jalur apa. Kalau masuknya lewat beasiswa DEPAG atau ujian mandiri yang diselenggarakan UIN pasti ada tes soal-soal agamanya. 

Duh, apa lagi ya yang mau dijelasin? Nanti deh ya, dilanjutin ke postingan selanjutnya.. 

0 komentar:

Copyright © 2014 Mahdiah Maimunah